Assalamu Alaikum Selamat Datang Di Blog Kami
Selalu Siap Menerima Kritik Dan Saran Atas Tulisan Dan Konten Di Blog Sederhana Ini...

Friday 4 January 2013

Ternyata Biaya Nikah itu Murah..


Kaget juga lihat acara dialog di TvOne tentang biaya administrasi nikah kepada penghulu, karena ternyata biayanya hanya Rp 30.000,- dan itu diatur dalam undang-undang, menurut M.Yasin yang mantan komisioner KPK itu yang saat ini sebagai pejabat Inspektorat di kementerian agama menemukan keganjilan saat melakukan inspeksi karena dilapangan tidak demikian dan jauh lebih banyak dan berlipat-lipat ganda biaya nikah itu bahkan ada biaya yang dipatok penghulu sampai Rp 3.000.000,-

Dengan melihat kondisi itu bila dihitung kasar bahwa rata-rata pertahun jumlah hajatan pernikahan 2,5 juta dan bila diasumsikan biaya rata-rata Rp 500.000,- maka pendapatan para penghulu sekitar 1,2 triliun dan itu hanya hitungan minimumnya saja karena dilapangan bahkan ada sampai diatas biaya tersebut ada yang Rp 800.000,- sampai 1 juta 2 juta, dan bila orang-orang tertentu bisa sampai 3 juta.

Dan menurutnya lagi ini bisa dikategorikan gratifikasi dan suap kepada penyelenggara nikah itu karena menyangkut jabatannya sebagai penghulu yang diberi tugas oleh negara.

______———-

Dengan adanya temuan itu berarti selama ini masyarakat tidak tahu, dan dengan alasan itu pula masyarakat yang punya hajatan terpaksa harus ikhlas dengan daftar harga yang selama ini diberikan penghulu meskipun didalamnya masih bisa tawar-menawar sesuai kemampuan yang punya hajatan, karena biasa dalam tawar-menawar itu diselipkan lagi biaya transport ataukah pada saat itu moment musim nikah yang membuat penghulunya jadi super sibuk sehingga sang penghulu membuat daftar prioritas. Ataukah bisa juga mahalnya biaya itu karena faktor penghulunya yang dibebani target kejar setoran oleh pimpinannya.

Kalau didaerah saya penghulu juga dikatakan Imam Nikah biasanya mematok tarif Rp600.000,- bersih sudah termasuk biaya transport meskipun biasa imamnya minta dijemput karena faktor lokasi yang tidak dia tahu dan pulangpun juga biasanya diantar.

Sungguh menjadi ironi tersendiri karena hal-hal yang seperti ini dijadikan lumbung untuk korupsi juga, dan kalau tidak salah di Kementerian agama salah satu instansi yang tidak bersih-bersih juga karena korupsi didalamya, begitupula dengan kasus korupsi dana Alquran, dana abadi ummat, dan dana-dana lainnya.

———______

Korupsi, Suap, Gratifikasi, Sogok, dll sudah merasuki semua sendi kehidupan ini dan semua bidang serta instansi.

Contoh kasus lain kemarin urus pajak STNK dikantor samsat bayarnya tidak sesuai dengan yang tertera di kwitansi padahal lewat loket dan prosedur resmi, begitupula urus balik nama sertifikat di BPN yang jelas-jelas terpampang biaya-biaya dan jangka waktu yang mereka-meraka tempel didindingnya, eh pas bayar tidak sesuai dengan yang tertempel didinding itu dan bayarnyapun lewat prosedur dan loket resmi.

Dan untuk mempertanyakan jadi malas karena bisa saja bila banyak tanya justru dipersulit, karena rakyat kecil biasanya untuk diperas dan ditindas secara halus.. HAhahaha