Assalamu Alaikum Selamat Datang Di Blog Kami
Selalu Siap Menerima Kritik Dan Saran Atas Tulisan Dan Konten Di Blog Sederhana Ini...

Friday 8 February 2013

Saldo Masjid ini Lumayan juga…


Hampir tiap hari Jumat saya Jumatan di Masjid Raya ini semenjak saya berdomisili di daerah ini, tadi karena lebih cepat sedikit saya ke masjid saya mendapati pengurus masjid yang jadi protokol membacakan agenda Salat Jumat hari ini termasuk laporan keuangan masjid.

Masjid yang saya tempati Salat ini adalah Eks Masjid besar di Kabupaten ini, namun sudah lima tahun lebih Masjid ini tidak lagi menjadi masjid besar karena sudah ada penggantinya yang dibuat Pemerintah Kabupaten yaitu Masjid Agung Syekh Abd Gani, dan Masjid yang kutempati Salat Jumat tadi tetap menjadi Masjid Raya yang sekarang menjadi Masjid terbesar kedua didaerah ini.

Namun saya sempat kaget tadi ketika mendengar laporan keuangan Masjid ini dengan Saldo delapan puluh juta rupiah lebih yang mengendap dan tidak dibelanjakan, padahal di masjid itu banyak yang perlu di sentuh dengan keuangan itu mulai dari tempat wudhu yang kran airnya ada beberapa yang macet, lampu toilet yang kutempati buang air kecil tadi lampunya tidak menyala, didalam Masjid hampir setengah dari kipas anginnya tidak berputar kipas angin gantung dan kipas angin tempel didinding dan ini saya sudah perhatikan sudah beberapa Salat Jumat yang saya lakukan di Masjid itu, tiang pilar kubah Masjid atau sokoguru itu ada satu tiang yang sudah kelihatan batu merahnya karena plasterannya sudah terkelupas.

Saya tidak tahu apakah akan ada renovasi besar-besaran atau apakah ada sesuatu hal lain yang akan dibiayai sehingga sampai menumpuk uang jamaah di saldo Masjid itu dan tidak dibelanjakan biar amal jariah jamaah bisa jalan juga.

Melihat kondisi masjid yang sudah bagus itu dinding dikelilingi dengan kaligrafi yang indah. plafon yang masih sempurna dan masih menawan, taman dan jalan sudah di paving blok, luas masjid juga sudah lumayan karena saat Salat Jumat saja tidak penuh, karpet rata-rata masih baru, sound system juga bagus dengan speaker disudut-sudut masjid dan di Menara Masjid, dengan melihat keadaan itu saya pikir hal kecil-kecil ini sepertinya luput dari pantauan padahal bila dianggarkan tidak seberapa dari saldo itu, dan kalau perlu kipas angin itu diganti dengan Air Conditioner (AC) dengan menambah daya listrik tentunya, kran air bila perlu yang paling bagus jangan pake yang standar, dan pilar-pilar masjid itu kalau perlu di keramik saja sampai keatas, biar Jamaah bisa nyaman dalam beribadah tidak perlu antri terlalu lama di tempat wudhu karena pengaruh kran air yang rusak, biar jamaah tidak kepanasan karena kipas angin yang tidak berputar.

Kasihan amal jariah Jamaah juga tersendat karena uang sumbangan itu tidak dibelanjakan, dan kalau perlu bila sudah tidak akan ada dibiayai boleh disumbangkan lagi ke Masjid-masjid lain yang dalam pembangunan atau renovasi atau disumbangkan ketempat-tempat yang bisa amal jariah jamaah bisa berjalan terus..

Acchi.. 02 : 38 PM