Assalamu Alaikum Selamat Datang Di Blog Kami
Selalu Siap Menerima Kritik Dan Saran Atas Tulisan Dan Konten Di Blog Sederhana Ini...

Tuesday 5 March 2013

Pekerjaan tidak selamanya selaras dengan Dunia Pendidikan..




Dunia pendidikan adalah dunia pencarian jati diri dan tempat mengeksplorasi segala sumber daya yang ada yang di peruntukkan Tuhan kepada manusia, sebagai bukti Muhammad didalam pencarian jati dirinya di perintahkan oleh Tuhan untuk membaca, dan tentunya bukan membaca seperti biasa tapi membaca apa yang ada yang tersirat ataupun yang terselubung yang masih berupa teka-teki untuk dicari jawabannya, dan dalam pencarian itu tidaklah selalu mudah jalan yang terjal, berduri, bahkan licin kadang dihadapkan kepada para pencari pengetahuan itu sendiri, dan semua itu untuk membuktikan bahwa yang setiap yang ada sudah barang tentu ada yang mengadakannya,dengan begitu bagi setiap yang mempercayai Tuhan maka sepatutnyalah mengabdi, menghormati. ataupun cukup hanya mengaguminya.

Kembali pada tema bahwa bagaimana cara menyelaraskan dunia pendidikan dan dunia kerja, jawabanya tidak semua akan selaras karena sudah banyak yang kita saksikan bahkan kadang kita sendiri yang mengalaminya sebagai contoh banyak orang yang mempunyai pendidikan saat ia kuliah ataupun mengambil jurusan IPA atau IPS atau jurusan lainnya waktu Sekolah Menengah atau kejuruan tapi ketika menghadapi dunia kerja kadang dunia kerja itu tidak ada sedikitpun sangkut pautnya dari latar belakang pendidikannya, seperti banyak orang Tekhnik yang bekerja di dunia keuangan Perbankan atau sebaliknya banyak orang keuangan manajemen bekerja di jasa-jasa konstruksi. dan banyak contoh lainnya disekitar kita.

Dan biasanya yang selaras dengan dunia pendidikan dan dunia kerja  itu adalah sekolah-sekolah atau akademi yang memang ada ikatan dinas yang sudah ditentukan jalan dan arahnya kesana seperti dunia kepolisian dan kemiliteran, dunianya yang ingin mengabdi sebagai pamong. dll.

Dan selebihnya adalah biasanya adalah atas keterikatan kekeluargaan dan kekerabatan serta pernah serumpun dalam satu paguyuban organisasi atau kelompok yang yang akan membantu menyelaraskan dunia kerja yang bertolak belakang ataupun memang sejalur dengan dunia pendidikannya.

Pengalaman pribadi saya sendiri yang waktu SMA jurusan IPA dan ketika kuliah mengambil jurusan manajemen keuangan perbankan merasa dunia pendidikan saya dan dunia kerja saya jauh tidak selaras karena saya pernah kerja kantor jasa konstruksi dan supplier, pernah bekerja bersama teman-teman mengelolah media tabloid, pernah bekerja sebagai data entri dikantor riset, dan kemarin  yang paling aneh saya bekerja sebagai staf di Notaris/PPAT yang seharusnya yang bekerja disitu adalah orang-orang yang jurusan Hukum, meskipun akhirnya saat ini nganggur lagi dan masih mencari kembali pekerjaan.. Hehehehe

Itulah sedikit pendapatku tentang tema pembicaraan kita kali ini..

Acchi.. 02 : 59 PM