Assalamu Alaikum Selamat Datang Di Blog Kami
Selalu Siap Menerima Kritik Dan Saran Atas Tulisan Dan Konten Di Blog Sederhana Ini...

Friday 2 October 2020

Kisah Uwais Alqarni

 Secercah dari khutbah Jumat: Tadi khatib mengisahkan kisah Uwais Alqarni yang menggendong ibunya berhaji karena lumpuh, perjalanan yang ditempuh tidaklah mudah karena harus melewati padang tandus, dan berkilo-kilometer jaraknya karena berangkat dari Yaman ke Makkah, biasanya orang-orang zaman itu mengendarai onta untuk bepergian, namun karena uwais hanya pemuda miskin dan yatim sudah lama ditinggal pergi bapaknya, penghasilannya dari menggembala lembu milik majikannya hanya untuk kebutuhan Ia dan Ibunya bahkan terkadang harus berpuasa karena tak punya makanan.

Sementara hasrat Ibunya untuk berhaji harus dia penuhi demi berbakti pada orang tuanya, apalagi sudah tua dan lumpuh, sebelum musim haji tiba Uwais latihan dengan menggendong anak lembu yang dibeli dari sisihan simpanannya, lembu digendong ke gunung pulang balik tiap hari selama beberapa bulan, hingga orang-orang yang kepo mencibirnya dan mengatakan Uwais gila.


Tiba saatnya musim haji berangkatlah Uwais dengan menggendong Ibunya, berbekal dari latihan beberapa bulan sebelumnya, jarak dan padang pasir dilewati siang dan malam dilalui, hingga akhirnya tiba di Makkah tentunya dengan perasaan yang mengharu biru kemudian melakukan ritual haji, setelah mengerjakan rukun dan wajib haji dan syarat-syarat lainnya.


DiAkhir rangkaian hajinya Uwais berdoa pada Allah, "Yaa Allah Kabulkan Doa Ibuku" Ibunya mendengar doa Uwais lalu bertanya pada Uwais kenapa kamu lupa mendoakan juga dirimu lalu Uwais berkata  Kalau doa Ibu dikabulkan Insya Allah Ridhonya Allah juga menyertaiku.


Kemudian khatib menutup khutbanya dengan mengatakan "Kita berbakti pada orang tua bukan karena kita dilahirkan, disusui, dinafkahi, dan dibesarkan tapi karena perintah Allah SWT".


*Nb : Tulisan diatas ada sedikit Improvisasi dari saya pribadi tidak semuanya keluar dari ucapan Khatib, seperti kata "Kepo, Mengharu Biru". 


Acchi

10:36 PM