Assalamu Alaikum Selamat Datang Di Blog Kami
Selalu Siap Menerima Kritik Dan Saran Atas Tulisan Dan Konten Di Blog Sederhana Ini...

Tuesday 21 April 2020

Pengalaman Pertama Menyaksikan Langsung Seragam Kopassus

Beberapa tahun lalu diatas kapal ferry perjalanan dari Bira ke Pamatata, seorang tinggi tegap dengan baju loreng darah mengalir, Ia berdiri ditepi kapal memperhatikan ke arah laut dan pulau liukang juga pulau kambing diseberang, sesekali Ia bercengkrama dengan keluarganya.

Mungkin setelah puas menyaksikan panorama alam air laut yang berwarna hijau biru serta dikejauhan pasir putihnya pulau dan pasir putihnya tanjung bira, kemudian Ia beranjak pergi dari tempatnya berdiri lalu duduk dikursi penumpang pas disampingku.

Mulailah saya membuka pembicaraan apakah bapak sedang bertugas disebelah,? dia menjawab tidak, dia mengatakan berkunjung ke leluhur mau ziarah kubur dan jalan-jalan kekerabat keluarga karena sudah lama sekali dia tidak pulang kampung, karena orang tuanya saat ini berdomisili di Sulawesi Tenggara Buton, dan saya juga kebetulan lahir besar di Buton begitu tuturnya.

Setelah banyak bercerita pria yang sudah saya lupa namanya itu, Ia berpangkat Letnan Dua (satu balok) melekat di kerah leher bajunya, dan juga ada slayer merah terbalut dilehernya, berkata saya mau istirahat dulu mau tidur sebentar, soalnya kurang istirahat semenjak perjalanan dari Mako (Markas Komando) Batujajar.

Pikirku dia mau kebelakang yang ada tempat baringnya atau mau keruang VIP dan  ternyata dia hanya tidur duduk dengan badan tegap sambil memejamkan mata.

Lalu saya berpindah kursi kebelakang disamping keluarganya, lalu sepupunya berkata pada saya bahwa Ia baru menyelesaikan sekolah komando, lelah dan capeknya belum hilang, tapi karena ada kesempatan libur sejenak makanya dia ambil untuk mengunjungi keluarganya untuk ziarah kubur leluhurnya, karena dia sendiri yang ngomong kalau selesai pendidikan akan berkunjung kemakam kakek neneknya.

Dan disaat itulah pengalaman pertama saya menyaksikan Tentara yang berseragam Pasukan Khusus Kopassus didepan mata saya, karena biasanya hanya menyaksikan ditelevisi dan media internet, beda dengan seragam TNI yang lain karena sebagian besar di Makassar ada seperti Kostrad, Zipur, Raider, Denjaka Marinir, Sampai seragam Paskhas dan Pilot Sukhoi, Angkatan Udara semua ada dan pernah saya saksikan saat ulang tahun kesatuan maupun ketika parade dan upacara di Makassar.

Selamat Ulang Tahun 68 Kopassus TNI AD.

Acchi
02:46 AM