Assalamu Alaikum Selamat Datang Di Blog Kami
Selalu Siap Menerima Kritik Dan Saran Atas Tulisan Dan Konten Di Blog Sederhana Ini...

Wednesday 22 April 2020

Dampak Ekonomi Rakyat Kecil Akibat Corona

Tadi pagi seorang ibu pedagang sayur bertanya dengan bahasa daerah kapan kita ini bangun sahur?, kemungkinan malam jumat atau tunggu pengumuman dari pemerintah jawabku, dia bertanya lagi katanya tidak adalagi tarwih, saya pun mengatakan bahkan lebaran lagi bisa jadi tidak ada kalau ini penyakit masih ada, dia kembali bertanya sebenarnya apa yang kena kita ini karena seumur hidup baru saya dapat yang begini, keadaan sudah susah datang lagi ini penyakit, sambil menunjukkan sayurnya ke saya bahwa itu sayur kemarin masih banyak belum habis-habis biasanya sebelum penyakit ini datang sebelum Ashar saya sudah pulang sambil menyebut nama kampungnya, karena kebetulan dia tinggal dikaki gunung daerah ini.

Dua malam lalu waktu duduk-duduk depan rumah tetangga saya mengatakan pada saya bagaimana ini kredit KURku di Bank  sudah mau jatuh tempo baru anak-anak sekolah libur, sekolah tutup sudah satu bulan lebih, tetangga saya itu pencahariannya dari kantin sekolah karena berdagang disana, yang satunya juga ngomong saya juga pusing dengan kredit rumah subsidi saya, warung tempatnya bekerja tutup karena bos lagi mudik, saya pun menyarankan untuk ke Bank BRI untuk minta keringanan, minta dispensasi penundaan atau hanya membayar bunga saja dulu, sementara yang satunya saya sarankan untuk konsultasi pada developernya atau langsung juga ke Bank BTN menanyakannya.

Kasus diatas adalah contoh kecil dampak dari wabah ini, rakyat kecil sangat terpungkul dengan hantaman wabah ini, sementara rakyat butuh makan, rakyat butuh stimulus, rakyat butuh bantuan dan dibantu, problem sosial ekonomi terjadi dimana-mana bahkan dimedia ada kabar ada seorang yang meninggal bukan karena wabah yang menjangkitinya tapi tidak makan selama dua hari, ada juga yg digebuk karena mencuri beras karena sudah tak bekerja lagi karena tempat kerjanya sudah tutup sementara dia sudah tak  tahan lapar.

Karena wabah ini belum diketahui kapan akan berakhir, sampai kapan akan bertahan, kemudian tindakan masa recovery pasca ini akan seperti apa semuanya masih samar-samar. Dampak corona ini menghantam ekonomi secara global dan menyeluruh sehingga perekonomian penurunannya sangat drastis, berefek luas dan besar.

Pemerintah saat ini harus serius dengan masalah-masalah seperti ini jangan lagi ada lucu-lucuan dan bercanda seperti sebulan dua bulan lalu yang terlalu memandang enteng wabah ini. Percepatan penanganan untuk wabah ini harus segera diperbaiki, pemerintah harus punya formula seperti kasus yang dialami rakyat seperti kisah diatas yang tentunya bukan hanya sebatas himbauan tapi bantuan nyata dan konkrit, pemerintah juga   belajar menerima saran dan mengenyampingkan ego, sinergitas untuk berperan melawan pandemi sangat diperlukan bukan malah mempertontonkan penjegalan - penjegalan persoalan kebijakan.

Acchi
01:06 AM