Assalamu Alaikum Selamat Datang Di Blog Kami
Selalu Siap Menerima Kritik Dan Saran Atas Tulisan Dan Konten Di Blog Sederhana Ini...

Monday 1 June 2020

Pelajaran dari Negeri Paman Sam (George Floyd)

Akibat tragedi kematian George Floyd di Minneapolis Amerika serikat demonstrasi dan solidaritas makin meluas begitupula dengan penjarahan-penjarahan yang terjadi.


George Floyd adalah pria kulit hitam yang dibekuk polisi setempat karena membeli makanan dengan uang palsu, Floyd meninggal kehabisan nafas karena ditindih dengkul selama lebih dari delapan menit oleh Derek Chauvin yang seorang polisi, yang membuat rakyat Amerika marah karena video tersebar luas, menjadi viral, dan inilah yang memicu terjadinya huru-hara karena simpatisan dan yang merasa iba menganggap kejadian ini rasis, bahkan akan terus meluas kalau tuntutan demonstran untuk menindak secara hukum pelaku pembunuhan.


Saya sempat berpikir dan menanyakan apakah di Negaranya Trump sana tidak punya UU ITE yang bisa dijadikan alat untuk mengklarifikasi sebuah video kekerasan yang viral yang bisa saja hoax.


Tentu kalau di Negeri kita ini semoga tidak akan ada kejadian seperti itu, tapi kalau misalnya ada biasanya yang dicari duluan adalah pelaku yang merekam, meskipun kejadiannya kenyataan.


Pelajaran berharga dari Negeri Paman Sam yang peradabannya sudah maju bahkan demokrasinya sudah matang juga masih dihantui tindakan keji tidak normal dan adil oleh aparat Negaranya.


Mumpung kita di Negeri ini, yang pas hari ini yang  hari lahir Pancasila, bisa menjadikan Pancasila sebagai perekat dari segala macam perbedaan, bukan sebagai alat membelah rakyat apalagi dijadikan alat pukul bagi yang tidak sepaham, bukan menjadikan sebagai dogmatisasi tunggal yang hanya boleh ditafsirkan oleh golongan yang merasa dirinya paling Pancasilais.


Acchi

05:56 PM